Tuesday, September 6, 2011

Thailand Tertarik Gelar F1

(BANGKOK) -- Meski terlibat banyak masalah, tapi Formula One (F1) tidak kekurangan peminat untuk menjadi tuan rumah. Setelah Malaysia dan Singapura, Thailand menegaskan kesiapan menggelar balapan kebut-kebutan.

Kesuksesan Malaysia dan Singapura dalam menggelar balapan F1, memang membuat negara Asia mulai dilirik oleh FIA. Tak heran, FIA siap menambahkan satu kalender lagi ke Asia Tenggara. Thailand menegaskan berniat menjadi tuan rumah F1.


Kendati belum menyiapkan target tanggal berapa akan mengajukan diri, tapi Thailand Convention & Exhibition Biro mengatakan, kehadiran olahraga balap mobil ternama itu akan membuat wisatawan asing berdatangan ke negara mereka.

Contohnya Singapura, yang berhasil menyedot sekitar 120.000 penonton, untuk menggelar balapan jet darat supercepat 2010 lalu. Hal ini membantu dalam mendatangkan banyak turis ke negara tersebut.
’’Membuat lintasan F1 memang tidak murah, tapi akan berguna setelah balapan berakhir,’’ demikian penjelasan presiden TCEB Akapol Sorasuchart kepada wartawan, sebagaimana dilansir Crash.net, Selasa (6/9).

’’Saya rasa balapan jalanan sangat menarik buat Thailand karena melibatkan dana lebih sedikit. Lokasi yang tepat ada di Ratchadamnoen Avenue, karena atmosfir di sana sangat bagus,’’ tandasnya.

Selain Singapura dan Malaysia, ada beberapa negara lain yang sudah menggelar F1. Mereka adalah China, Jepang, Korea Selatan, Abu Dhabi dan India. Bahkan, nama terakhir baru tahun ini menggelar balapan F1.