Saturday, September 10, 2011

Truk Angkut 16 Ton Kayu Lapis Terbakar

Purwojero-Jogja Macet



Sedikitnya 16 ton lembaran bahan kayu lapis yang diangkut truk kontainer  Z-9522-KA terbakar di jalan Purworejo-Jogja, Km 4,3 Kelurahan Borowetan, Kecamatan Banyuurip, Purworejo, Sabtu 9 September 2011 malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Akibat kebakaran ini  arus lalu lintas macet 5 Km ke arah timur dan barat.

Keberadaan truk kontainer yang dikemudikan Rahmat (50), warga Sukaraja, Tasikmalaya, Jawa Barat itu mengakibatkan kendaran yg melintas tidak bisa melaju dengan lancar. Petugas dari Satlantas Polres Purworejo memberlakukan sistem buka tutup selama proses pemadaman berlangsung.

Peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 20.30 saat sopir dan awaknya istirahat makan di rumah makan Rejeki. Petugas pemadam kebakaran yang mendapat laporan langsung terjun ke lokasi dengan mengerahkan dua mobil pemadam.

Proses pemadaman dibantu warga sekitar yang terus berupaya memadamkan api yang membara membakar lembaran kayu yang masih berada di atas kontainer tersebut.

Api baru   padam sekitar pukul 22.30 setelah lembaran kayu yang terbakar dibongkar paksa. Truk tersebut juga dijauhkan dari perumahan warga  digeser belasan meter dari lokasi awal.

Keluar Asap
Sopir truk Rahmat mengungkapkan, dia tidak tahu persis penyebab kebakaran. “Saya istirahat makan, mesin mobil tetap hidup. Tiba-tiba dari bagian tengah muatan yang tertutup terpal keluar asap, kemudian  jadi kobaran api,” ujarnya memastikan kebakaran bukan karena korsleting kontainer.

Disebutkan, bahan kayu lapis milik CV Sumber Kalimas itu dibawa dari Banjarpatroman untuk dikirim ke Surabaya. Bahan kayu lapis itu baru saja dioven sebelum diangkut menggunakan kontainer.

Suyadi (35), salah satu saksi mata menyebutkan, kebakaran itu bermula dari munculnya kepulan asap di bagian tengah tumpukan lembaran kayu.

”Tidak  lama kemudian api berkobar,” katanya menyebutkan warga langsung panik. Untuk memastikan penyebab terjadinya kebakaran, petugas Polres Purworejo masih melakukan penyelidikan.