Monday, September 12, 2011

PERAN GOETZE

Borussia Dortmund tak mau terlalu percaya diri ketika menjamu Arsenal pada matchday 1 Liga Champions Grup F di Stadion Signal Iduna, Rabu (14/9) dini hari WIB. Juergen Klopp, pelatih juara Liga Jerman itu, meniali tim tamu tetap berstatus favorit.

’’Arsene Wenger bisa mengontrol timnya kendati sering diterpa krisis,’’ ungkap Klopp.

Tactician berambut pirang ini biasanya memainkan pola 4-2-3-1. Mario Goetze akan berperan penting sebagai ’’roh’’ di lapangan tengah. Dijuluki Lionel Messi-nya Jerman, Goetze kini menjadi andalan. Padahal, usianya baru 19 tahun.

Selain dia, Klopp bertumpu pada ketajaman Shinji Kagawa. Gelandang serang asal Jepang tersebut sangat berbahaya jika dalam kondisi fit.

Duel kali ini merupakan ulangan musim 2002-2003. Dalam pertemuan pertama saat itu, Arsenal unggul 2-0 di kandang.

Di pertemuan kedua Dortmund berhasil melakukan revans dengan skor 2-1. Dua gol Borussia diborong Tomas Rosicky (yang sekarang memperkuat The Gunners).

Catatan home Dortmund di Liga Champions memang tak terlalu impresif. Mereka cuma meraih lima kemenangan dalam 11 pertandingan terakhir di kandang.

Di partai Bundesliga terakhir, Mats Hummels cs malah dikalahkan Hertha Berlin.

Percaya Diri

Bagaimana dengan Arsenal? Kubu Meriam London tengah percaya diri selepas meraih kemenangan atas Swansea City di Premier League. Hasil itu mengangkat moral anak-anak asuhan Arsene Wenger yang sebelumnya dihancurkan Manchester United dengan skor 2-8.

”Kepercayaan diri kami sudah kembali sekarang. Kami hanya ingin bermain untuk menang,” ujar Wenger.

Pria berpaspor Prancis ini lalu menambahkan, ’’Kami mau melakukan hal yang sama melawan Dortmund.”

Wenger tetap setia mengusung formasi 4-2-3-1. Robin van Persie ditempatkan sebagai penyerang tunggal yang dilapis Theo Walcott, Mikel Arteta, dan Gervinho. Arteta disiapkan sebagai pengatur serangan.

Di posisi gelandang bertahan, Alex Song menjadi figur penting. Tekelnya yang bersih bisa meringankan tugas barisan pertahanan.

Di lini belakang, Wenger bakal mencoba bek tengah Per Mertesacker dan bek kiri Andre Santos. Mertesacker tak asing dengan Dormund, karena musim lalu masih membela Werder Bremen.

Skuad Gudang Peluru membutuhkan hasil positif untuk mengembalikan kepercayaan diri yang anjlok setelah dipermalukan The Red Devils.