Saturday, September 10, 2011

Tommy Sugiarto ke Final

JAKARTA - Indonesia meloloskan tiga wakil ke partai puncak turnamen bulu tangkis Taiwan Terbuka 2011.

Secara keseluruhan, hanya tiga negara yang mengirimkan pebulutangkisnya ke babak final.

Selain Indonesia, Korea meloloskan lima wakil dan Thailand dua wakil.

Pada nomor tunggal putra, lewat pertarungan yang sangat ketat, Tommy Sugiarto menyingkirkan Sony Dwi Kuncoro.

Setelah saling mengalahkan di dua game pembuka yang harus diakhiri deuce, Tommy akhirnya berhasil merebut tiket ke final dengan kemenangan, 22-20, 22-24, 21-13.

Hari ini, pemain berperingkat 21 dunia itu akan menghadapi Tanongsak Saensomboonsuk (Thailand) yang secara mengejutkan menumbangkan unggulan pertama Nguyen Tien Minh (Vietnam), 21-18, 21-12.

Bila berhasil menjadi juara, Tommy akan menjejaki langkah ayahnya, Icuk Sugiarto, yang merajai turnamen ini empat kali berturut-turut tahun 1983-1986. Sepanjang tahun ini, Tommy telah dua kali menjadi juara turnamen bertaraf challenge di Iran dan Indonesia.

Sedangkan jagoan utama Indonesia di ganda campuran, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir tanpa kesulitan mengalahkan Lee Yong Dae/Ha Jung Eun (Korea), 21-12, 21-16.

Sayang kesempatan Indonesia untuk memastikan gelar di nomor ini urung terwujud karena di semifinal lainnya, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadeth gagal melewati ganda Korea penakluk para unggulan, Ko Sung Hyun/Eom Hye Won. Bermain ketat di game pertama, Fran/Pia malah kedodoran di game kedua sehingga kalah, 20-22, 13-21.

Mimpi Buruk

Meski tidak diunggulan, Ko/Eom seakan menjadi mimpi buruk bagi para unggulan, bahkan mereka lolos ke final tanpa kehilangan satu game pun.

Pada babak kedua, ganda tuan rumah unggulan kedua, Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing dikalahkan, lalu unggulan enam Muhammad Rijal/Debby Susanto ganti menjadi korban.

Sementara Fran/Pia yang baru dikalahkan mereka merupakan unggulan tiga.

Satu lagi duta Indonesia di final adalah ganda putri Meilina Jauhari/ Greysia Polii. Bersua ganda tuan rumah unggulan pertama, Chen Wen Hsing/Chien Yu Chin, Meiliana/ Greysia menang 21-12, 21-18. Hari ini mereka akan menghadapi lawan berat lainnya, Ha Jung Eun/Kim Min Jung dari Korea. Dalam dua laga sebelumnya kedua pasangan bergantian saling mengalahkan.

Sedangkan ganda putra, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan gagal melaju ke final karena dikalahkan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong, unggulan dua dari Korea. Menang di game pertama, Alvent/ Hendra malah kalah di dua game terakhir, dengan skor 21-18, 18-21, 18-21.

Nomor ini dipastikan milik Korea setelah satu pasangan lainnya, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae, yang merupakan unggulan pertama juga ke final.

Nomor terakhir tunggal putri, andalan Thailand, Inthanon Ratchanok, akan menghadapi Sung Ji Hyun asal Korea. (J21-73)