Sunday, September 25, 2011

Musikal Laskar Pelangi Siap Tampil di Singapura

PENDUKUNG UTAMA: Para pendukung utama Musikal LP (dari kiri)
Toto Arto, Jay Subiakto, Hartati, Erwin Gutawa, Andrea Hirata,
Riri Riza, dan Mira Lesmana
Musikal Laskar Pelangi (LP) siap tampil di Esplanade, Singapura, 1-2 Oktober mendatang. Kepastian itu dikemukakan Mira Lesmana selaku produser sekaligus penulis naskah Musikal LP di Jakarta, akhir pekan lalu.

Didampingi Jay Subiakto sebagai penata artistik, edisi Musikal LP yang menjual tiket 20 dolar dan 40 dolar Singapura, untuk versi terkini masih dimatangkan oleh Riri Riza (sutradara), Erwin Gutawa (penata musik), serta Hartati dan Toto Arto (penata tari).

Menurut rencana, lakon yang membutuhkan 120 pendukung itu akan dipentaskan tiga kali.

Musikal LP, ungkap Mira, adalah bagian dari acara besar bernama The Malay Arts Festival yang dipusatkan di Esplanade, Singapura.

Terkendala Dana

Sementara itu, Jay mengatakan, ada beberapa kendala kecil yang membuatnya sebagai penata artistik menemui kesulitan dalam pementasan Musikal LP di Singapura.

"Seperti kami tidak boleh membawa seekor kambing ke atas panggung," ujar dia. Selain itu, beberapa keperluan artistik ternyata membutuhkan peralatan yang lebih banyak. "Akibatnya dana membengkak," katanya.

Di luar itu, secara struktur cerita tidak ada yang berbeda dari versi cerita yang dipertontonkan di Jakarta, beberapa waktu lalu. Hanya, kendala klise seperti pendanaan masih menjadi persoalan.

Untung saja, cerita Mira, ada pihak sponsor yang turut membantu pementasan kali ini. Meski dari panitia sebenarnya sudah memberikan bantuan dana. "Tapi tidak cukup," tandas Mira.