Monday, September 12, 2011

Contagion Sukses Buktikan Diri

FILM yang seminggu ini telah menjadi perbincangan di AS, kemudian menjadi salah satu jagoan dalam ajang film bergengsi Venice International Film Festival 2011, Contagion, akhirnya benar-benar menjadi jawara box office minggu ini.

Sebagaimana dilaporkan Mojo Film (12/9), diestimasikan Contagion mendapatkan pemasukan 23,1 juta dolar AS, setelah diputar di 3.900 layar bioskop di 3.222 lokasi yang berbeda di seluruh penjuru AS.

Sebagaimana rilis resmi Warner Bros selaku distributor film ini, Contagion berhasil mengumpulkan penonton yang terkomposisi dari beragam gender, yakni 81% berusia 25 tahun ke atas. Dari sisi ini mencitrakan jika Contagion cenderung tidak dikomsumsi oleh penonton film remaja, jika misalnya dibandingkan dengan Transformers atau Harry Potter. Keberhasilan Contagion menyalip jawara box office minggu lalu, The Help, membuat film drama ini berada pada posisi runner up.

The Help meskipun berada di nomor urut kedua, secara pemasukan masih mampu menambah pundi-pundi keuntungan. Pemasukan film yang diadaptasi dari kisah novel itu memang anjlok hingga 40% dibandingkan dengan minggu lalu, atau hanya menambah 8,7 juta dolar AS. Meski demikian, secara kumulatif film ini berhasil mengumpulkan 137,1 juta dolar AS setelah diputar 33 hari.

Signifikan

Menyusul di belakang atau posisi ketiga adalah Warrior. Film yang dimasukkan pada kategori sports drama ini mendapatkan pemasukan tidak mengecewakan. Warrior meraih pendapatan 5,6 juta dolar AS, setelah diputar di hampir 2.100 layar bioskop, yang terdapat di 1.869 lokasi. Atau jika dikomparasikan dengan film bergenre sejenis seperti The Fighter, masih kalah jauh. Mengingat The Fighter ketika kali pertama rilis, langsung meraup pendapatan 12,1 juta dolar AS. Demikian halnya film bertema sejenis seperti Fighting yang meraih 11 juta dolar AS.

Lionsgate's selaku distributor film ini mengatakan, 66% penonton film Warrior adalah laki-laki dan 51% di antaranya berusia 25 tahun ke atas. Film ini mendapatkan penilaian ”A” oleh institusi CinemaScore yang melakukan polling kepada penikmatnya.

Jika dibandingkan dengan raihan Warrior yang membanggakan itu dengan pemuncak minggu ini, Contagion hanya meraih penilaian ”B” dari institusi yang sama.

Di posisi keempat The Debt. Film thriller ini diestimasikan mendapatkan pemasukan 4,9 juta dolar AS dan secara total telah mendaptkan 22 juta dolar AS, setelah diputar 12 hari.

Film Colombiana ternyata masih mampu menancapkan keberadaannya pada posisi lima besar atau Top Five dengan estimasi pemasukan 4 juta dolar AS, atau total meraih 29,8 juta dolar AS setelah diputar 17 hari.

Posisi keenam Rise of the Planet of the Apes yang masih mampu mengumpulkan 3,9 juta dolar AS atau total pendapatan 167,8 juta dolar AS, setelah diputar 38 hari.

Jika dikomparasikan antara Colombiana dan Apes, sama-sama mengalami penurunan pendapatan yang signifikan dibandingkan dengan minggu lalu, yaitu 46% dan 51%.

Sementara dalam perayaan Hari Buruh, menempatkan Apollo 18 dan Shark Night 3D di posisi ketujuh dan delapan. Sebelum diikuti Our Idiot Brother dan Spy Kids: All the Time in the World, pada posisi 10 besar minggu ini.