Thursday, September 8, 2011

Di Salatiga, Macam-macam Enting-enting Gepuk

Ada yang Gepuk, Gula Merah, hingga Rajang Kacang

Sebagai salah satu makanan khas dari Kota Salatiga, enting-enting gepuk pun mengikuti perkembangan zaman agar tetap diminati. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah adanya variasi jenis.

Selama ini hanya dikenal enting-enting gepuk yang terbuat dari gula pasir. Namun ternyata ada pula enting-enting gula merah serta enting-enting rajang kacang.

’’Baru kali ini saya mengetahui ternyata tidak hanya enting-enting gepuk saja, tapi ada juga yang gula merah dan enting-enting rajangan,’’ tutur Setiyani, salah seorang pembeli tatkala ditemui di pusat oleh-oleh yang ada di Jalan Letjen Sukowati.

Untuk enting-enting gula merah, bentuknya tidak berbeda dengan enting-enting gepuk biasa yang salah satu bahannya gula pasir. Disebut enting-enting gula merah karena bahannya gula merah.

Sedangkan enting-enting rajang biasanya berbentuk kotak-kotak atau bundar dan kemasannya berbeda dengan enting-enting gepuk.

Wanita karir yang tinggal di Jakarta itu mengemukakan, setiap pulang ke Solo saat mudik dan hendak pulang ke kembali ke Jakarta, dirinya selalu menyempatkan mampir ke Salatiga untuk membeli enting-enting, abon, dan paru.

Oleh-oleh khas Salatiga itu dia beli untuk handai taulan dan teman-temannya satu kantor. ’’Yang paling disuka ya enting-enting, karena yang khas dari Salatiga. Mungkin karena abon dan paru di tempat lain juga ada ya,’’ tandasnya.

Banyak Pilihan
Senada dikemukakan Ayu, yang mengaku dari Sukoharjo tapi sudah lama merantau ke Jakarta dan baru kali ini datang ke pusat oleh-oleh di Jalan Letjen Sukowati.

Selama ini enting-enting yang dia tahu bentuknya dikemas kecil-kecil. ’’Yang ini rajangannya lebih manis dan lebih keras karena belum digepuk,’’ tandasnya.

Herawati salah satu penjual enting-enting gepuk menjelaskan, saat ini memang ada enting-enting gepuk gula merah dan enting-enting rajangan. Namun dia hanya berjualan enting-enting gepuk biasa dan rajangan.

Dikatakan, dengan adanya banyak varian, maka pembeli memiliki banyak pilihan yang sesuai keinginan mereka.

Hal yang sama juga diutarakan Sofia Mariana, pengelola Toko Mekar yang menjual enting-enting gepuk cap Gedung dan enting-enting gepuk gula merah cap Gedung Batu.

Sofia mengungkapkan, agar tidak penasaran dengan macam-macam enting-enting gepuk yang ditawaarkan, pihaknya menyediakan tester untuk dicicipi pembeli.

’’Kalau pembeli mencicipi contohnya kan mereka bisa tahu rasanya dan bisa memilih yang mereka inginkan,’’ kata Sofia.