Sunday, September 25, 2011

Vettel Dekati Gelar Juara

Berkat sukses di Grand Prix (GP) Singapura, Sebastian Vettel kian dekat menuju gelar juara Formula 1 (F1) untuk kali kedua tanpa putus.

Pembalap Jerman berusia 24 tahun itu berpeluang menjadi driver termuda yang memenangi titel balapan jet darat dua tahun berturut-turut.

Dalam lomba di Sirkuit Jalanan Marina Bay, kemarin, Vettel sanggat dominan. Memulai balapan dari posisi terdepan, dia berhasil mempertahankan kedudukan itu hingga garis akhir. Jagoan tim Red Bull Racing ini sekarang mengemas 309 poin.

Dia unggul 124 poin di atas Jenson Button, pembalap McLaren, yang mengoleksi 185 angka. Urutan ketiga ditempati driver Ferrari, Fernando Alonso, yang mengemas 184 poin.

Vettel tinggal memenangi satu GP lagi untuk mengunci gelar. Masih ada lima seri tersisa, yakni GP Jepang pada 9 Oktober, Korea (16/10), India (30/10), Abu Dhabi (13/11), dan Brasil (27/11).

Vettel mengawali lomba dengan mengesankan. Sebaliknya, rekan setimnya, Mark Webber, gagal mempertahankan posisi kedua lantaran dilewati Button. Hamilton melakukan start buruk. Posisinya melorot ke urutan ketujuh.

Hamilton Dihukum

Pada lap ke-13 terjadi insiden yang melibatkan Hamilton dan Felipe Massa. Pembalap McLaren ini berusaha menyalip Massa yang tengah membawa mobilnya memasuki tikungan. Imbasnya, sayap depan Hamilton rusak.

Massa langsung masuk pit, sedangkan Hamilton memilih untuk masuk pit satu lap kemudian. Insiden itu kemudian mendapatkan penyelidikan yang berujung pada hukuman buat Hamilton. Dia harus melakoni drive-through penalty.

Insiden kembali terjadi di lap ke-30 ketika mobil Michael ”Schumi” Schumacher menabrak dinding trek. Safety car pun masuk ke dalam trek.

Di luar kejadian tersebut, Vettel tak tertandingi. Dalam 61 putaran dia membukukan waktu tercepat 1 jam 59 menit dan 06,757 detik. Di belakangnya menyusul Button, Webber, Alonso, Hamilton, dan Paul di Resta.

Klasemen Pembalap
1. Sebastian Vettel (Jerman/Red Bull) 309 poin
2. Jenson Button (Inggris/McLaren)     185
3. Fernando Alonso (Spanyol/Ferrari)   184
4. Mark Webber (Australia/Red Bull)    182
5. Lewis Hamilton (Inggris/McLaren)     168