Saturday, September 10, 2011

Wadah untuk Anak

Raynaldy Kurnia Sandy (11) melangkah dengan ceria ke studio Tvku. Bersama sang ibu, bocah kelas VI SD ini percaya diri menyapa para staf Tvku. Hari itu, dirinya memang diminta hadir untuk casting. Ya, karena kelihaiannya berbicara di depan umum, Reynaldy dan dua orang temannya berkesempatan menjadi host cilik Tvku.

Saat diminta sedikit saja mempraktikkan reportase, siswa SD Wonotingal 01-02 itu tak merasa kesulitan. Kata demi kata mengalir lancar tanpa teks. Kepandaiannya mendiskripsikan sesuatu yang dilihat, memang menjadi kelebihannya yang tak sembarang orang bisa.

Perkenalan Reynaldy dengan Tvku bukan terjadi tiba-tiba. Beberapa waktu yang lalu, Tvku mengadakan Audisi Presenter Cilik Tvku 2011. Atas kemauan sendiri dan dukungan orang tua, bocah penyuka sepak bola itu bertekad untuk turut menjadi peserta.

Lantaran sering menjadi perwakilan sekolah dalam lomba pidato, bocah yang pernah masuk 10 Besar Tingkat Provinsi Pildacil 2011 itu tak mengalami kesulitan saat mengikuti audisi tersebut. Dan hasilnya, dari sekitar 70 peserta, dirinya berhasil meraih juara II.

Lalu, seketat apa penilaian dalam audisi tersebut? Awalnya 70 peserta mendapat pembekalan tentang dunia penyiaran. Kemudian mereka dijajal kemampuan membaca berita (news reading) dan teknik reportase. Audisi tahap ini menyisakan 50 peserta untuk mendapat kesempatan tampil di Mal Paragon Semarang.

Di mal itulah para peserta dibagi menjadi lima kelompok dan masing-masing harus berjalan di atas catwalk. Setelah itu, peserta dituntut melakukan reportase sebagai layaknya presenter televisi yang mengabarkan berita. Oleh dewan juri, dipilihlah juara I, II, III, harapan dan favorit.

Mengisi Program

Reynaldy dan peserta Audisi Presenter Cilik yang meraih juara I dan III memang sedang disiapkan untuk mengisi program baru Tvku. Program apakah itu? Namanya News for Kids. Acara tersebut merupakan program berita dan informasi seputar Kota Semarang yang dikemas ringan agar mudah dimengerti oleh anak-anak.

”News for Kids merupakan tindak lanjut dari kegiatan Audisi Presenter Cilik. Kami berharap dapat mewadahi bakat presenter anak-anak Semarang,” terang Danang Pradana, produser program tersebut.

Menurutnya, anak-anak di Semarang sangat tertarik menjadi presenter dan belajar broadcast. Buktinya, peserta yang mendaftar Audisi Presenter Cilik Tvku membeludak. Beberapa mempunyai kemampuan yang standar. Namun adapula yang sudah terbiasa dan mempunyai jam terbang.

Selain memberi wadah bagi anak, keberadaan News for Kids juga menambah keberagaman program edukasi.

”Selama ini, Tvku menampilkan acara hiburan dan pendidikan untuk orang dewasa. Makanya, kini kami akan menambah variasi program yang sengaja diproduksi untuk anak-anak,” ujar Danang.

News for Kids yang rencananya akan tayang November 2011 ini terdiri atas beberapa segmen. Acara dengan durasi 30 menit ini terbagi atas segmen Semarangan, sahabat berprestasi, event dan tips. "Semarangan menyajikan liputan tentang gedung bersejarah, kuliner dan kekhasan Semarang lainnya. Sahabat berprestasi adalah liputan tentang profil anak yang berprestasi. Event dan tips juga merupakan liputan kegiatan acara dan tips yang diperuntukkan untuk anak,” terang Danang.