Saturday, September 24, 2011

Stand-up Comedian Hollywood Mulai Bangkit

Hollywood punya banyak komedian bagus. Sebut saja Woody Allen, Bill Cosby, Steve Martin, Jerry Seinfeld, Martin Lawrence, dan Robin Williams. Mereka memulai karier sebagai stand-up comedian. Genre komedia itu memang sangat populer di AS.

Tak hanya di negeri itu, Malaysia, Jepang, dan India juga punya stand-up comedian senior dan terkenal. Di Indonesia, meski baru ”memulai”, sejumlah nama tidak bisa lepas dari peran Youtube.

Dulu, kita punya Warkop (Dono, Kasino, Indro). Sebelum terjun ke dunia film, ketiganya mengawali karier di radio dan pangung komedi dengan menyampaikan lelucon secara monolog. Memang bukan stand-up comedy, tapi mereka melakukan revolusi lawakan yang mengandalkan ucapan tanpa gestur dan slapstick. Juga Taufik Savalas, meski dikenal sebagai joke telling, leluconnya yang dalam one-man show bisa menjadi catatan penting.

Kemudian, ada juga pemilik Comedy Cafe di Kemang yang akrab disebut Bang Ramon. Sejak tahun 1997, laki-laki itu mempertahankan ”budaya” stand-up comedy di kafenya meski belum direspons masyarakat. Dia bahkan menyediakan tempat untuk openmic (ruang latihan bagi orang yang mau tampil-Red) bagi comic yang ingin ber-stand-up comedy di kafe miliknya.

Delapan tahun kemudian, Iwel Wel mempunyai kesempatan melakukan stand-up comedy di sejumlah program di televisi swasta. Salah satunya dalam acara Bincang Bintang di RCTI. Laki-laki yang sudah menekuni stand-up off-air sejak 1998 menampilkan stand-up comedy sebagai opsi pilihan komedi. Walhasil, ia adalah orang pertama yang membawa stand-up comedy yang bersifat penetratif kepada kultur pop Indonesia.

Sejumlah orang yang bekerja di balik layarpun membawa pengaruh hingga jenis komedi itu dikenal masyarakat. Sebut saja, Indra Yudhistira, bekas Kadiv Produksi RCTI yang merealisasikan stand-up comedy di Kompas Tv melalui pencarian bakat comic. Proyek ini merupakan hasil reinkarnasi Salam Canda dengan Kang Ebet Kadarusman sebagai host, program acara yang meniru late night talkshow ala Jay Leno, David Letterman, dan Conan O'Brien.

Begitu juga kontribusi Agus Mulyadi, yang mengemas genre komedi ini menjadi sebuah pertunjukan lewat Stand-Up Comedy Show di Metro Tv. Konsepnya, ”Def Comedy Jam” yang memunculkan beberapa comic tampil bergantian selama beberapa menit.

Satu lagi yang namanya tidak asing lagi di dunia komedi pop adalah Raditya Dika. Ia menggunakan teknologi dunia maya seperti Youtube atau Twitter untuk menyebarkan stand-up comedy secara luas. Bukan hanya video Youtube miliknya, tapi juga comic lainnya yang ada di http://youtube.com/standupcomedyindo.