Tuesday, September 13, 2011

68th Venice International Film Festival, Faust Raih Golden Lion

Pesta bergengsi 68th Venice International Film Festival 2011 atau dikenal dengan nama asli Italian Mostra Internazionale d'Arte Cinematografica --ajang film tertua di dunia-- selesai Sabtu (10/9) lalu. Ajang film yang digagas oleh Count Giuseppe Volpi pada 1932 dan kali ini mengusung nama ”Esposizione Internazionale d'Arte Cinematografica” itu, tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya, memuncak pada setiap akhir Agustus hingga awal September. Atau tepatnya sejak 31 Agustus hingga 10 September kemarin, yang dipusatkan di Pulau Lido, Venesia, Italia.

Pada penyelenggaraan tahun ini atau yang ke-68 yang dipusatkan di tempat bersejarah Palazzo del Cinema di Lungomare Marconi atau dikenal sebagai tempat pemutaran film-film bersejarah di dunia dan bagian dari acara Venice Biennale, sebagai tempat eksibisi untuk ajang karya seni kontemporer.


Anggota dewan juri internasional yang terdiri atas Darren Aronofsky dari AS, sekaligus sebagai juri ketua didampingi Eija-Liisa Ahtila (Finlandia), David Byrne (UK), Todd Haynes (USA), Mario Martone (Italy), Alba Rohrwacher (Italy), Andre Techine (Prancis) menetapkan pilihan jika penghargaan Leone d'Oro atau Golden Lion sebagai Film Terbaik atau Best Film jatuh pada Faust arahan Aleksander Sokurov dari Rusia.

Untuk kategori Silver Lion atau anugerah Sutradara Terbaik (Best Director) diberikan kepada Shangjun CAI untuk filmnya berjudul Ren Shan Ren Hai (People Mountain People Sea) dari China-Hong Kong.

Ajang Bergengsi

Menyusul berikutnya, karena dinilai mampu memberikan alternatif berbeda atas kerja seninya, kategori Special Jury Prize atau Pilihan Juri diberikan pada film Terraferma arahan Emanuele Crialese dari Italia.

Kategori Coppa Volpi atau Aktor Terbaik (Best Actor) jatuh pada Michael Fassbender dalam film Shame karya Steve McQueen dari Inggris.

Pilihan anggota dewan juri yang ditunjuk panitia penyelenggara sebagaimana laman resmi mereka melalui seleksi kuratorial yang sangat ketat itu, juga menghasilkan pilihan mengejutkan.

Yakni yang diberikan pada kategori Coppa Volpi atau Aktris Terbaik (Best Actress) kepada Deanie Yip berkat akting menawannya dalam film Tao jie (A Simple Life) arahan sutradara Ann Hui dari China-Hong Kong.

Menyusul berikutnya untuk Aktor dan Aktris Pendatang Baru (Best New Young Actor or Actress) diberikan kepada Shuta Sometani dan Fumi Nikaidu dalam film Himizu karya Sion Sono dari Jepang.

Sebagaimana berbagai ajang film bergengsi dan terhormat lainnya, VIFF 2011 memberikan Golden Lion untuk Lifetime Achievement kepada Marco Bellocchio. Sementara kategori Jaeger-LeCoultre Glory untuk Filmmaker Award 2011, diberikan kepada aktor dan produser senior Al Pacino.